Aba Idi Launching Rumah Restorative Justice, Tempat Penyelesaian Konflik Masyarakat dengan Musyawarah

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati H. Abdullah Hidayat bersama Sekretaris Daerah H. Yuliadi Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Sampang dan sejumlah Forkopimda Kabupaten Sampang melaunching Rumah Restorative Justice, di Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan, Rabu (16/3/2022).

Rumah Restorative Justice (RJ) tersebut merupakan tempat musyawarah dalam penyelesaian konflik tingkat desa sebelum masuk ke ranah hukum.

“Rumah RJ ini dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah hukum pidana ringan melalui perdamaian, agar terlebih dahulu diselesaikan di tingkat masyarakat agar jangan sampai ke pengadilan,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sampang Imang Job Marsudi, SH., MH.

Penyelesaian konflik di Rumah RJ ini akan melibatkan sejumlah tokoh wilayah setempat seperti tokoh masyarakat yang dituakan, tokoh agama maupun adat.

“Hilangkan istilah membalas, tiada maaf bagimu dan kita harus berubah. Penyelesaian dilakukan secara kekeluargaan melibatkan tokoh masyarakat, agama dan adat sehingga penyelesaian masalah dapat lebih mudah dan efisien, ” tambahnya.

Launching Rumah RJ di Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Disisi lain, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengharapkan dengan adanya Rumah RJ dapat mengubah persepsi masyarakat agar lebih mengutamakan penyelesaian masalah melalui musyawarah.

“Di kabupaten Sampang beberapa daerah masih mengadopsi hukum adat, kedepannya kami harap masyarakat memahami keutamaan kemusyawarahan, itulah yang paling utama dalam menyelesaikan konflik di masyarakat,” ujarnya.

Ia menginginkan agar masalah pidana ringan dapat diselesaikan melalui jalan perdamaian dengan mempertimbangkan dampak sosial.

“Kita pikirkan bersama dampak-dampak sosial yang dialami ketika harus masuk penjara padahal hanya karena urusan sederhana, terutama dampak bagi keluarganya, mari kita kedepankan musyawarah,” tambahnya.

Aba Idi menyampaikan apresiasinya kepada Kejaksaan Negeri Sampang dan menyatakan siap mendukung program-program yang bermanfaat bagi kemaslahatan Kabupaten Sampang.

“Agenda hari ini saya apresiasi, apapun agenda Kejari kedepan untuk Kabupaten Sampang kami dukung, asal untuk tujuan untuk kebaikan,” tutupnya. (rsa)