Bupati Sampang Menyerahkan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat.


Diskominfo – Sampang
Bupati Sampang dan Wakil Bupati Sampang H.Abdullah Hidayat Menghadiri Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL),turut hadir Sekda Kab. Sampang, Forkopimda, Kepala Pertanahan Nasional (BPN) dan , Forkopimcam Kecamatan, jajaran OPD, beserta Kepala Desa se Kecamtan Camplong dan seluruh Masyarakat yang menerima Sertifikat tanah. di Pendopo Kecamatan Camplong ,Selasa (27/02/2019).
Kegiatan PTSL yang di laksanakan di kecamatan camplong, masyarakat yang menerima sebanyak 500 warga . diantaranya 200 warga dari desa Darmah. 200 dari warga desa Matupat dan 100 warga dari Tambaan kecamatan Camplong.
Dalam sambutannya Bapak Bupati Sampang menyampaikan Pelaksanaan PTSL di Kabupaten Sampang, Bupati Yakin PTSL ini mengakselerasi pemerataan pembangunan bagi Masyarakat Sampang, selain itu PTLS akan Mempermudah Pemda melakukan penataan Kota dan Pembangunan Infra Struktur, H. Slamet Junaidi Menambahkan, kita juga pastikan bahwa sertifikat yang di bagikan Tepat Sasaran. Karena para penerimanya antara Lain kalangan Nelayan. Pegiat UKM. Petani serta masyarakat Lain agar mereka bisa terbantu untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.
Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sampang Haris Suharto menyamapaikan, PTSL merupakan program strategis nasional yang diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) 6/2018. Dalam pelaksanaannya, semua bidang tanah di desa akan diukur secara keseluruhan. Baik yang sudah bersertifikat maupun yang masih proses

Haris menyatakan, BPN sudah melakukan pendekatan dengan mendatangi tiap desa yang memperoleh program PTSL. Hanya, di lapangan tidak sesuai dengan harapan sehingga realisasi tahun lalu sangat rendah. ”Kendala di bawah, antusiasme masyarakat rendah. Padahal ini (pembuatan sertifikat, Red) gratis,” jelasnya.
Supaya program PTSL berjalan sebagaimana mestinya, sambung Haris, seluruh perangkat desa dan warga harus antusias. Dengan begitu, di lapangan tidak ada kendala dan PTSL berjalan lancar. Penyerahan PTLS ini tidak berhenti di sini saja, pihaknya akan melakukan penijauan sampai di tahun – tahun berikutnya sehingga masyarakat mempunyai sertifikat, Dia menjelaskan, tahun ini pihaknya mendapatkan jatah 35 ribu sertifikasi bidang tanah. Desa yang mengajukan sangat banyak.
“Biaya PTSL gratis, dan agar bisa masyarakat dikordinasikan sama kepala desa dengan baik , terpenting bagaimana program ini berjalan lancar,” terangnya.

Bupati sampang juga berpesan “ selama ini kendala dalam Pelaksanaan program PTLS di Kabupaten Sampang antara lain kurangnya kesadaran Masyarakat Tentang Legalitas kepemilikan Tanah, banyak pemilik tanah yang berdomisili di luar Sampang dan masih adanya sengketa kepemilikan.
Kedepan saya harap semua stakeholder dan masyarakat bersinergi. Dengan lebih baik lagi agar kendala itu bisa teratasi.(why)