MENDORONG KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS, PENGURUS PPDI MENDATANGI DINSOS

┬áSAMPANG – DISKOMINFO

Pengurus Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sampang mendatangi kantor Dinas Sosial kamis 24/5.Kedatangan puluhan Pengurus PPDI ke kantor yang ada di jalan Rajawali Kelurahan Karang Dalam Sampang itu untuk mempertanyakan program yang berkaitan dengan para penyandang Disabilitas.

Saat di Dinas Sosial,mereka di terima oleh Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosian Dinsos Zainal Muttaqin.

Menurut Ketua PPDI Kabupaten Sampang Munawi, Pemkab Sampang melalui Dinsos masih belum maksimal menginventarisir keberadaan kaum penyandang Disabilitas.

Pasalnya sampai saat ini masih banyak penyandang Disabilitas yang ada di 14 Kecamatan dan belum terdata
“Bagaimana mau melakukan sosialisasi maupu kegiatan lain, sementara keberadaan kami di Kecamatan masih banyak yang belum terdata,”ujar Munawi

Di jelaskan berdasarkan UU nomor 8 tahun 2018 para penyandang Disabilitas mendapatkan perlindungan serta perhatian dari Pemerintah sehingga perlu ada langkah konkrit membangun mental supaya mandiri dan tidak mentergantungkan kepada orang lain.

Untuk itu Ia berharap Dinsos menjadi jembatan kepentingan kaum penyandang Disabilitas dengan Pemerintah. Sementara Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Zaenal Muttaqin akan terus melakukan sosialisasi sembari menyempurnakan data yang ada.

Selain itu Dinsos akan melakukan pembinaan mental melalui patihan yang di sesuaikan dengan kebutuhan para penyandang Disabilitas. Tujuan dari pembinaan mental untuk menghilangkan rasa rendah diri serta membangun semangat kemandiria supaya tidak tergantung kepada orang lain.