berita home

Dinkes Klarifikasi Kejadian Terhadap Santri Daleman, Di Larikan Ke Puskesmas Pasca Suntikan Difteri

Sampang – DISKOMINFO

Warga Kecamatan Kedundung di gegerkan dengan peristiwa yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Thullab Desa Daleman. Pasalnya 13 santri dalam kurun waktu hampir bersamaan rabu 14/2 terpaksa di larikan ke Puskesmas Kedundung karena mengalami mual dan lemasDi duga kejadian yang dialami ke 13 santri tersebut setelah mendapat suntikan difteri dari tenaga medis Puskesmas setempat.

Atas kejadian tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang langsung melakukan klarifikasi melalui Sekretaris Dinkes Asrul Sani. Menurut Asrul Sani salah satu efek dari imunisasi difteri badan panas yang menimbulkan rasa mual, sebab cairan yang masuk ke tubuh akan membentuk anti body serta kekebalan dari penyakit difteri “Namun sebagian juga tidak menimbulkan efek samping, tergantung kondisi fisik anak,” ungkap Asrul Sani.

Di jelaskan lebih lanjut bahwa efek samping akan timbul jika kondisi tubuh anak kurang fit seperti tidak membiasakan diri sarapan sebelum di imunisasi difteri. Ditambahkan pemberian imunisasi difteri guna pencegahan supaya penyakit diferi tidak menyebar luas dan menular

Sebab dari 34 kasus suspect difteri di Kabupaten Sampang 7 orang di nyatakan positif dan dua orang meninggal dunia. (D)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *